14 September 2009

SEMU

Dunia ternyata menawarkan berbagai kenikmatan, walaupun sadar atau tidak, sebenarnya itu semu.

Seorang teman saya yang notabene 'anak nakal' pernah bercerita, ia hobi dugem. Saat dugem ia dapat mencium siapapun dengan mudahnya. Di situ ia merasakan kenikmatan duniawi.

Teman saya yang lain bercerita mengenai uang sakunya yang melimpah, yang ia gunakan untuk shopping. Di situlah ia merasakan kenikmatan duniawi.

Seorang teman lagi yang notabene kutubuku juga pernah bercerita mengenai pengalamannya berkencan dengan banyak gadis. Di sana ia merasakan kenikmatan duniawi.

Pada intinya, setiap orang di dunia ini dikuasai oleh nafsu. Kenikmatan duniawi bisa saja mereka inginkan dan rasakan setiap saat. Namun mereka tak pernah sadar bahwa kenikmatan itu semu. Kosong.

Kenikmatan dunia yang kita rasakan perlahan akan sirna, berganti dengan keluhan yang berkelanjutan apabila kenikmatan itu tak segera kembali. Berubah menjadi keputusasaan dan tangisan. Buka mata, kenikmatan itu semu. Jangan biarkan mereka menguasaimu. Justru kesederhanaan lah yang akan membebaskanmu dan menciptakan kenikmatan batiniah yang tak pernah kamu rasakan sebelumnya.

Renungan pagi hari atas mimpi penuh arti td malem :)

1 comment:

ariev said...

duh duniawi ya ?

kenikmatan demikian wajar kok depp, namanya juga kita manusia..wajar kan.

cm bilamana kita bisa mengkontrolnya dan tahu mana yg baik buruknya..
justru disitulah kenimkatan duniawi yg positif..

aq merasakan kenikmatan duniawi ketika melihat film2 terbaru, atau film terbaru dari Johnny Depp..

hihihi

Post a Comment