22 August 2010

Pertemuan dengan Pandhu Adjisurya

Cinta.

Semua orang pasti pernah ngalamin cinta. Dari mereka masih jadi monyet (yang kamu sebut cinta monyet) sampai sekarang waktu udah berevolusi jadi manusia.
Cinta memang selalu ada dari jaman kita kecil sampai sekarang. Cinta dari emak, abah, kakak, adik, nenek, kakek, pembantu, tetangga, pacar, siapapun itu. Dan gue salah satunya.

Dari gue kecil, sampe sekarang, gue termasuk orang yang punya cukup banyak mantan pacar. Yah, itung aja selama 20 tahun hidup, gue udah enam kali pacaran. Berarti kalau dirata-rata, kira-kira gue pacaran tiap tiga tahun sekali. Gak bayangin juga gimana rasanya kalau gue umur tiga tahun gitu udah satu kali pacaran. Ah, udahlah gak penting.

Dari semua cowok yang pernah deket sama gue, ada satu orang yang bener-bener bikin hidup gue jempalitan. Yah, kalo bahasa Indonesianya sih, jungkir balik. Dan bener, dunia gue jadi jungkir balik gara-gara dia. Namanya Pandhu. Gue kenal dia waktu kuliah semester 3. Gak tau kenapa gue gak pernah nemu orang ini waktu ospek kampus. Jaman semester 1 ama 2 pun gue gak pernah nemu ni anak. Tiba-tiba aja dia nongol sekelas sama gue pas semester 3. mata kuliah Radio. Pertama ngeliat dia, ajaib banget. Rambutnya klimis, kacamata lonjong tebel, gigi berantakan, gaya pakaian yang aneh. Nampak seperti cowok nerd kampus. Kalo boleh diskala sih, sebenernya nilai penampilan luarnya cuma 4. Tapi di balik itu, dia menyimpan sesuatu. Entah apa. Yang jelas bukan nyimpen kolor dalem tasnya. Gue ngliat semacam aura aneh yang mengelilinginya dan siap ditangkep ama pemburu hantu. Ngaco.

Jadi ceritanya pas mata kuliah Radio, gue duduk paling belakang. Nah pas ada tugas kelompok, gue pindah ke depan buat nyamperin temen kelompok gue yang namanya Visia. Pas gue duduk sebelah Visia, jengjeng, sosok Pandhu itu ternyata ada di sebelah gue tanpa gue sadari (padahal sebenernya gue yang nyebelahin dia dan waktu itu gue belum tahu kalo namanya Pandhu). Dengan gigi berantakannya dia tersenyum dan ngliatin gue dengan tatapan "waaaw". Bukannya ge-er, tapi itu yang gue liat. Dan gue pun sempet ngobrol beberapa kalimat percakapan tanpa perkenalan. Dan hari itu pun berakhir.

kira-kira beginilah muka dia waktupertama kali gue ketemu dia

Hari berikutnya, gue makin deket ama dia. Sekelompok besar, boncengan naik motor bareng, dan sampai pada tahap yang disebut orang sebagai masa pedekate. SMS-an dan telfonan. Sebenernya waktu itu gue belum naksir ama dia. Cuma sebatas ada kekaguman akan keeksisan ini anak. Sebatas suka yang gak bisa didefinisikan. Tapi gue juga harus ngakuin kalo gue emang gak pernah ngliat cowok dari fisik. Mau nerd, secupu apapun, gue lebih suka ngliat kepribadiannya. Dan Pandhu, adalah sosok yang menyenangkan bagi gue. Setidaknya untuk dijadikan teman.

Dan gue main deket sama Pandhu setelah gue gabung sama UKM film dimana dia jadi senior gue di situ (padahal kita satu angkatan, cuma dia masuk duluan). Rapat bareng, makan bareng, dan sampai akhirnya pas Makrab gue baru sadar. Dia udah gak suka lagi sama gue. Pas permainan makrab, dia udah dijodoh-jodohin sama cewek lain. Dan harapan gue pupus disitu. Di tengah ketawa-ketiwi gue di makrab, ada satu beban berat yang menindih pundak gue, yang gue tutupin dengan ketawa. Di situ gue sadar, kalo gue ternyata emang udah sayang sama dia.

Gue selalu caritahu kenapa dia tiba-tiba menghilang dan menjauh dari gue secara tiba-tiba. Gue tanya dia. Tanya temen dia yang juga temen gue, Nikko. Dan Nikko cuma menjawab "mendingan kamu ngomong langsung sama dia". Gue terus berusaha mencari penjelasan dari Pandhu. Tapi dia selalu menghindar ketika ngeliat gue. Gue pasang muka tebel. Tapi percuma. Dan akhirnya, gue memutuskan untuk mundur dengan menahan sakit.

Sialnya, semester 4 gue malah makin sering sekelas sama dia. Entah ada angin apa. Gue yang mulanya masih sakit hati tiap ngliat dia, lama kelamaan makin terbiasa. Dan akhirnya pun gue balikan ama mantan gue waktu SMA, Adi namanya. Alhamdulilah, gue akhirnya jadi temen baik, temen mainnya si Pandhu juga tanpa bikin pacar gue jeles, walaupun gue dan Pandhu (mungkin) sebenernya masih sama-sama memendam hal yang gak enak. Dan habis itu, Pandhu sempat beberapa kali naksir-naksiran sama cewek. Tapi entah kenapa dia gak pernah jadian. Gue juga mau fokus ke pacar gue saat itu.

Dari sini gue belajar satu hal,
memendam itu gak enak. Karena akhirnya, bisa ditebak.
Gue putus sama pacar gue.

 Gue putus pun gak lantas menjadikan gue deket lagi sama Pandhu. Anyway, kita emang sering goda-godaan soal masa lalu. Apalagi ada temen gue namanya Priska yang selalu ngait-ngaitin gue ama Pandhu di jaman dulu. But it's so yesterday. Temen-temen gue pun mulai menjuluki cinta jilid 2 antara gue sama Pandhu. Tapi kita pun emang gak jadian.

Dari situ gue mikir, gue gak akan pernah jadian sama Pandhu. Semuanya cuma masa lalu. Dan gue, memutuskan buat memendam semua perasaan gue ke dia. At least, gue masih care sama dia sebagai temen. Sahabat. Dan buat gue itu udah cukup.

Hari-hari berikutnya udah bisa ditebak. Pandhu masih aktif mendekati beberapa cewek. Beberapa nama cewek sempet masuk dalam daftar incerannya dan bahkan gue pun menjadi tempat curhat dia. Mungkin dia pikir gue udah nglupain yang dulu-dulu. But it's okay. Gue tetep mendukung dia, sekalipun gue single. Karena gue tahu dia gak mungkin ada lagi buat gue, untuk urusan percintaan. Sialnya gue sempet tergoda karena waktu itu rambutnya udah agak gondrong, jadi keliatan cakepan dikit. Tapi besoknya, dipotong lagi. Alhasil gue bisa tabah lagi. Haha.
dan ini muka dia waktu udah agak gondrong


Tapi at least pikiran gue ini dipatahkan. Seorang temen gue bilang kalau sebenernya Pandhu masih suka sama gue. Dan gue liat, dia emang masih suka ngasih harapan. Tapi ternyata gue salah. Yang dia suka bukan gue, tapi Rossa, anak angkatan bawah. Dan kembali, gue jatuh. Jatuh di lubag yang sama. Sakit memang. Dan gue memutuskan untuk berhenti mendekati dia. Gue akan menjauh dari dia, termasuk sebagai teman.

Gue masih sakit hati. Gue terlau banyak berharap. Gue GR. Gue salah mengartikan semuanya.
Dan gue BODOH.

Gue terlalu bodoh menanti orang cupu yang jelas-jelas gak suka sama gue. Kalo mau, gue bisa dapetin cowok yang lebih cakep daripada dia. Tapi hati gue berkata lain.

Di tengah kebingungan gue, tiba-tiba Pandhu udah mengganti sasarannya. Kali ini Oni, anak angkatan bawah juga. Gue udah masa bodo, dan akhirnya gue lama-lama bisa lupa. Sampai suatu ketika gue pacaran sama Jay. Anak kampus seberang. Setahun lebih tua dari gue dan, dewasa. Sayangnya lagi, gue terpaksa menyudahi hubungan gue ama Jay setelah 3 bulan pacaran. Gara-gara bokap gue gak suka gue pacaran sama anak band. Alasan yang gak logis, tapi demi kebaikan, gue memutuskan dia sebelum gue makin sayang sama dia. Terpaksa.

Dan gue pun kembali single.

Tanpa gue duga, si Pandhu juga lagi patah hati sama si Oni.
And, the faith start to talk.
Gue sama Pandhu akhirnya jadian.
Tepatnya, terpaksa jadian.

Gak ada yang makssa gue buat jadian sama dia waktu itu. dan mungkin gue terpaksa, karena gue juga sebenernya udah ragu, karena reputasinya dia waktu itu. Tapi lama-lama, gue ngrasain dia sayang banget sama gue.

And, here it is.
He's the only one until now. Pshycologically. :)

Gue belajar satu hal lagi di sini.
Cinta itu memang buta.
Gue gak akan pernah bisa milih dengan siapa gue akan jatuh cinta.
Karena this is faith.


0 comment:

Post a Comment