22 August 2010

PAST. Come on Let it Passed.

Masa lalu. Siapa sih yang gak punya masa lalu? Setiap orang pasti punya masa lalu.

Banyak orang yang memiliki masa lalu buruk lalu bertobat. Copet yang kini menjadi seorang pemuka agama misalnya. Atau seorang mantan napi yang mengusahakan sebuah bisnis yang sukses.
Ada pula golongan orang yang memiliki masa lalu yang baik, dan sekarang justru mengalami keterbelakangan dengan membentuk masa sekarang yang buruk. Misalnya saja anak rumahan yang salah pergaulan lalu memakai narkoba.

Intinya, masa lalu tidak stagnan. Dia memang menentukan dan mempertunjukkan siapa diri kamu tetapi kamu dapat mengubah arahnya tergantung pada usaha dan kelakuanmu. Masa lalu jelas tidak dapat dirubah. Seperti kata Peterpan, apa yang terjadi, terjadilah. Dan kata pepatah lama, nasi sudah menjadi bubur. Siapa yang mampu mengubah masa lalu? Bahkan dalam kitab suci pun tidak dituliskan bahwa Tuhan bisa mengubah masa lalu.

Terkadang ada kejadian dalam masa lalu yang membuat kita menyesal. Dan kita selalu ingin kembali mengulanginya dan memperbaiki kesalahan kita pada masa itu. bahkan ada lagu yang liriknya begini.
"Ku akan kembali ke masa itu dan kan kuhindari kesalahanku". See, betapa banyak orang yang ingin merubah masa lalu dan kesalahan mereka di masa lalu. Wajar. Siapa sih yang ingin mempunyai kesalahan? Tidak ada. Setiap orang ingin sempurna dan tanpa cela. Tapi kesalahan di masa lalu memang tidak dapat diubah. Seandainya saja ada tombol Control+Z yang bisa meng-undo kesalahan, mungkin akan laku keras di pasaran.

Masa lalu memang menjadi bagian dari kita. Tapi bukan untuk diingat terus. yang harus kita lakukan adalah fokus pada masa sekarang untuk mencapai masa depan yang lebih baik. Itu akan lebih baik daripada terus berandai-andai untuk memperbaiki masa lalu. Jangan menengok ke belakang, karena yang akan kamu hadapi adalah jalan di depanmu.

Picture taken from http://bisnis2121.com

























Well, come on cheers up and build our brighter future! :)

0 comment:

Post a Comment