27 October 2009

SUMPAH PEMUDA dan PEMUDA PEMUDI INDONESIA

Sumpah Pemuda.

Mungkin sebagian orang udah sering banget denger kata ini, tapi aku yakin, makna kata ini SANGAT ASING bagi mereka. 28 Oktober. Peringatan Sumpah Pemuda.. Sejak 28 Oktober 1928. Udah 81 tahun yang lalu.. Dan, pada masa sekarang, apa sih nyatanya? Apa bener, semangat Sumpah Pemuda itu diresapi sampai sekarang? Bahkan, teks nya pun belum tentu semua pemuda-pemudi di negeri ini tahu..

Naskah Sumpah Pemuda, yang sangat nasionalis. Dan sejak itu, Indonesia dinyatakan berada di tangan pemuda-pemudinya. Memang, pada masa itu pemuda dan pemudi Indonesia menjadi sangat bisa diandalkan.. Tidak seperti saat ini. Ketika kebudayaan dari luar sudah masuk, yang ada kapitalisme yang merajai. Tidak ada lagi semangat nasionalis yang muncul berapi-api seperti pemuda-pemudi jaman dahulu kala. Mungkin, karena merasa sudah merdeka dan tidak lagi merasakan kerasnya hidup di bawah penjajahan. Tapi tanpa disadari, pemuda-pemudi itu telah terjajah. Oleh dunia dan segala isinya.

81 tahun sejak adanya sumpah pemuda, semakin lama semakin luntur.. Bukannya semakin kuat. Seiring dengan bercampurnya budaya, masuknya budaya pop.. Saat itulah kaum muda semakin terjajah. Tidak ada lagi rasa memiliki terhadap tanah air. Dan tak ada lagi yang bisa diandalkan untuk negeri ini.

Sumpah Pemuda, mungkin hanya sebagian kaum muda yang masih peduli. Tapi ternyata mereka adalah MINORITAS! Sungguh ironis, di saat kaum muda menjadi tulang punggung bangsa.. Jika ada cara untuk menyingkirkan segala bentuk hedonisme dan kapitalisme, cara tersebut harus diusahakan, agar semangat Sumpah Pemuda yang dulu berapi-api kini akan kembali berapi-api.. Tidak mlempem seperti kerupuk yang disia-siakan di atas meja..

Dan, kaum muda Indonesia, bangkitlah menentang segala bentuk hedonisme dan kapitalisme yang menjajah.. Dan bangkitlah untuk SATU Indonesiaku..

Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2009, semoga Indonesia akan memiliki lebih banyak kaum muda kebanggaan :)

0 comment:

Post a Comment